PERBEDAAN SEL BATERAI KERING DAN SEL BATERAI BASAH
PERBANDINGAN BATERAI BASAH MEIDENSHA GARDU TRAKSI KRANJI DENGAN BATERAI KERING TOSHIBA GARDU TRAKSI BEKASI TIMUR DI LAA RESORT 1.10 CIKARANG
Berikut ini adalah laporan dari Praktik Kerja Lapangan yang pernah dilaksanakan pada Februari 2018.
1. PENDAHULUAN
Jadwal Pelaksanaan
Nama Perusahaan : PT. Kereta Api Indonesia (Persero)
DAOP 1 Jakarta UPT Resort LAA 1.10 Cikarang
Alamat : Jl. Jend. Soedirman No.17, Kranji, Bekasi
Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat 17135
Waktu PKL : 1 Februari 2018 s/d 28 Februari 2018
Melalui perundingan dengan PT. Kereta Api Indonesia (Persero)
DAOP 1 Jakarta UPT LAA Resort 1.10 Cikarang untuk mengadakan PKL, maka hasilnya
adalah selama 1 bulan dari tanggal 1 Februari-28 Februari 2018. Oleh karena
itu, penulis dan rekan-rekan diwajibkan masuk jam 08.00 WIB, karena kami sebagai
mahasiswa PKL, maka mendapatkan kompensasi waktu kerja hanya sampai jam 16.00
WIB.
Wilayah Pekerjaan PKL
Gardu traksi yang dikelola oleh UPT LAA
Adapun ruang lingkup dari Praktik Kerja Lapangan di PT. KAI,
UPT Resort LAA 1.10 Cikarang adalah pada bagian Listrik Aliran Atas (LAA). Hal
yang penulis pelajari selama kegiatan PKL berlangsung, mengenai sistem
pendistribusian tegangan listrik pada kereta api listrik, yang di antaranya
terdiri dari :
1. Gardu Traksi
2. Sistem Catenary
3. Distribusi 6 kV
4. SPJJ
Penulis memilih 1 bagian lingkup pekerjaan dikarenakan untuk
penerapan ilmunya sama dengan peminatan yang diambil di jurusan, yakni bagian
pendistribusian listrik DC sebagai pengaman utama yang terdapat di dalam gardu
traksi, yaitu baterai. Sehingga secara tidak langsung, penulis pun dapat
belajar dan mengaplikasikan apa yang telah diperolehnya dalam mata kuliah
peminatan yang penulis ambil.
2. PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN
Dalam seminggu, praktik kerja lapangan berlangsung selama 6
hari, yakni pada hari Senin hingga hari Sabtu. Praktik kerja lapangan dimulai
dari pukul 09.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB.
Tabel Jadwal Perencanaan Pelaksanaan
No. |
Tanggal |
Uraian Kegiatan |
Minggu |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|||
1. |
1 Februari 2018 |
Pengenalan Staff UPT Resort 1.10 LAA Cikarang. Pemeliharaan gardu traksi gedung. |
|
|
|
|
2. |
2 Februari 2018 |
Pemeriksaan jaringan visual LAA (Emp-Kri) Perawatan peralatan HSCB Perawatan distribusi daya (VCB 20 KV dan 6 KV) |
|
|
|
|
3. |
3 Februari 2018 |
Crossing Barat dan crossing
Timur (EMP-TB) |
|
|
|
|
4. |
4 Februari 2018 |
Libur |
|
|
|
|
5. |
5 Februari 2018 |
Pemeriksaan jaringan visual LAA (EMP-BKS) Crossing Barat (EMP-BKS) Crossing Timur (EMP-BKS) |
|
|
|
|
6. |
6 Februari 2018 |
Pemeriksaan jaringan visual LAA (BKS-BKT) Check detail atau TL malam (KRI-BKS) |
|
|
|
|
7. |
7 Februari 2018 |
Pemeriksaan visual jaringan LAA (BKT-TB) Check detail atau TL malam (KRI-BKS) |
|
|
|
|
8. |
8 Februari 2018 |
Check detail atau TL malam (KRI-BKS) Pemeriksaan visual jaringan LAA (BKT-TB) Pemeriksaan gardu traksi Cikarang |
|
|
|
|
9. |
9 Februari 2018 |
Pemeriksaan visual jaringan LAA (EMP-TB) Pemeriksaan visual jaringan LAA (TB-CIT) SDSH BKS NEW : Kebersihan peralatan PDL Pengukuran tegangan, arus, pengecekan putaran
fasa Pengujian fungsi changeover switch |
|
|
|
|
10. |
10 Februari 2018 |
Pemeriksaan visual jaringan LAA (CIT-CKR) |
|
|
|
|
11. |
11 Februari 2018 |
Libur |
|
|
|
|
12. |
12 Februari 2018 |
Pemeriksaan visual jaringan LAA (EMP-BKS) Perawatan peralatan HSCB : Perawatan peralatan DC kubikel HSCB Pengecekan dan pengambilan rekam data elektrik |
|
|
|
|
13. |
13 Februari 2018 |
Pemeliharaan gardu traksi Cibitung SDSH TB : Kebersihan peralatan PDL Pengukuran tegangan, arus, pengecekan putaran
fasa Pengujian fungsi changeover switch |
|
|
|
|
14. |
14 Februari 2018 |
Pemeliharaan gardu traksi Cibitung pada
peralatan tegangan rendah : Perawatan peralatan tegangan rendah Pengecekan baterai dan charger Pengujian fungsi space heater Pengujian fungsi changeover switch Pengujian kapasitas baterai Pemeliharaan gedung gardu traksi Cibitung |
|
|
|
|
15. |
15 Februari 2018 |
Gardu traksi Cikarang pada peralatan tegangan
rendah : 1.Perawatan peralatan tegangan rendah 2. Pengecekan baterai dan charger 3. Pengujian fungsi |
|
|
|
|
16. |
16 Februari 2018 |
SDSH Cikarang : 1. Kebersihan peralatan PDL 2. Pengukuran tegangan, arus, pengecekan
putaran fasa 3. Pengujian fungsi changeover switch Check list perawatan peralatan penerima daya CTA 1. Peralatan penerima daya 2. Perawatan trafo Perawatan penyearah (SR) Peralatan tegangan rendah : 1. Perawatan peralatan tegangan rendah 2. Pengecekan baterai dan charger 3. Pengujian fungsi space heater 4. Pengujian fungsi changeover switch 5. Pengujian kapasitas baterai |
|
|
|
|
17. |
17 Februari 2018 |
Peralatan tegangan rendah : 1. Perawatan peralatan tegangan rendah 2. Pengecekan baterai dan charger 3. Pengujian fungsi space heater 4. Pengujian fungsi changeover switch 5. Pengujian kapasitas baterai |
|
|
|
|
18. |
18 Februari 2018 |
Libur |
|
|
|
|
19. |
19 Februari 2018 |
Perawatan peralatan HSCB : 1. Perawatan peralatan DC kubikel (HSCB) 2. Pengecekan dan pengambilan data rekam
elektrik |
|
|
|
|
20. |
20 Februari 2018 |
Check detail/TL malam Tinggi deviasi lengkung |
|
|
|
|
21. |
21 Februari 2018 |
Tinggi deviasi lengkung Check detail/TL malam |
|
|
|
|
22. |
22 Februari 2018 |
Tinggi deviasi lengkung KM 3=+0+6/8 |
|
|
|
|
23. |
23 Februari 2018 |
Tinggi deviasi lengkung KM 30+6/8 Perawatan peralatan HSCB : 1. Perawatan peralatan DC kubikel (HSCB) 2. Pengecekan dan pengambilan data rekam elektrik |
|
|
|
|
24. |
24 Februari 2018 |
Tinggi deviasi lengkung KM 35+1/6 |
|
|
|
|
25. |
25 Februari 2018 |
Libur |
|
|
|
|
26. |
26 Februari 2018 |
Crossing barat Perawatan peralatan HSCB : 1. Perawatan peralatan DC kubikel (HSCB) 2. Pengecekan dan pengambilan data rekam
elektrik |
|
|
|
|
27. |
27 Februari 2018 |
Check detail/TL malam Counter trip |
|
|
|
|
28. |
28 Februari 2018 |
Tinggi deviasi lengkung KM 35+1/6 Check detail/TL malam |
|
|
|
|
No. |
Tanggal |
Uraian Kegiatan |
Minggu |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|||
1 |
Kamis, 1 Februari 2018 |
Pengenalan Staff UPT
Resort LAA 1.10 Cikarang Pemeliharaan gardu
traksi Kranji |
|
|
|
|
2 |
Jumat, 2 Februari 2018 |
Pemeriksaan
gardu traksi di Bekasi Timur |
|
|
|
|
3 |
Sabtu, 3 Februari 2018 |
Perawatan HSCB (High
Speed Circuit Breaker) utama di gardu traksi Kranji |
|
|
|
|
4 |
Minggu, 4 Februari
2018 |
Libur |
|
|
|
|
5 |
Senin, 5 Februari 2018 |
Pemeriksaan visual
jaringan LAA (Listrik Aliran Atas) dari stasiun Kranji hingga stasiun Bekasi |
|
|
|
|
6 |
Selasa, 6 Februari
2018 |
Pemeriksaan visual
jaringan LAA (Listrik Aliran Atas) Emplacement bagian
timur stasiun Bekasi |
|
|
|
|
7 |
Rabu, 7 Februari 2018 |
Pemeriksaan visual
jaringan LAA Emplacement bagian
barat stasiun Bekasi |
|
|
|
|
8 |
Kamis, 8 Februari 2018 |
Pengulangan
pemeriksaan visual jaringan LAA Emplacement bagian
barat dan timur stasiun Bekasi |
|
|
|
|
9 |
Jumat, 9 Februari 2018 |
Pemeriksaan visual
jaringan LAA Crossing barat dan
crossing timur stasiun Tambun |
|
|
|
|
10 |
Sabtu, 10 Februari
2018 |
Standby di kantor UPT
LAA Resort 1.10 Cikarang (di stasiun Kranji) |
|
|
|
|
11 |
Minggu, 11 Februari 2018 |
Libur |
|
|
|
|
12 |
Senin, 12 Februari
2018 |
Pemeriksaan visual
jaringan LAA Pengukuran lengkung
deviasi di stasiun Kranji |
|
|
|
|
13 |
Selasa, 13 Februari
2018 |
Standby di kantor UPT
LAA Resort 1.10 Cikarang (di stasiun Kranji) |
|
|
|
|
14 |
Rabu, 14 Februari 2018 |
Standby di kantor UPT
LAA Resort 1.10 Cikarang (di stasiun Kranji) |
|
|
|
|
15 |
Kamis, 15 Februari
2018 |
Libur |
|
|
|
|
16 |
Jumat, 16 Februari
2018 |
Libur Hari Raya Imlek |
|
|
|
|
17 |
Sabtu, 17 Februari
2018 |
Libur |
|
|
|
|
18 |
Minggu, 18 Februari
2018 |
Libur |
|
|
|
|
19 |
Senin, 19 Februari
2018 |
Pemeriksaan
gardu traksi Bekasi Timur |
|
|
|
|
20 |
Selasa, 20 Februari
2018 |
Mengamati
gardu traksi di stasiun Kranji |
|
|
|
|
21 |
Rabu, 21 Februari 2018 |
Pemeriksaan SDSH di
stasiun Bekasi |
|
|
|
|
22 |
Kamis, 22 Februari
2018 |
Pengukuran ketebalan
kabel trolley di stasiun Bekasi |
|
|
|
|
23 |
Jumat, 23 Februari
2018 |
Standby di kantor UPT
LAA Resort 1.10 Cikarang (di stasiun Kranji) |
|
|
|
|
24 |
Sabtu, 24 Februari
2018 |
Pemeriksaan
dan pengukuran baterai di gardu traksi stasiun Kranji |
|
|
|
|
25 |
Minggu, 25 Februari 2018 |
Libur |
|
|
|
|
26 |
Senin, 26 Februari
2018 |
Pemeriksaan
dan pengukuran baterai di gardu traksi stasiun Bekasi Timur |
|
|
|
|
27 |
Selasa, 27 Februari
2018 |
Pemeriksaan
dan pengukuran baterai di gardu traksi stasiun Cibitung |
|
|
|
|
28 |
Rabu, 28 Februari 2018 |
Pemeriksaan SDSH Pemeriksaan gardu
traksi Pengukuran baterai di
gardu traksi stasiun Cikarang |
|
|
|
|
3. ANALISIS
PEKERJAAN
3.1 Baterai Basah
Gardu Traksi Stasiun Kranji dan Baterai Kering Gardu Traksi Stasiun Bekasi
Timur
3.1.1 Pengertian
Baterai
Baterai
adalah sel elektrokimia yang terdiri dari sepasang elektroda (katoda-anoda) dan
elektrolit. Sel ini berfungsi sebagai sumber energi listrik yang diperoleh
sebagai hasil konversi energy kimia melalui reaksi redoks (reduksi dan
oksidasi). Reaksi reduksi berlangsung pada katoda dan reakdi oksidasi
berlangsung pada anoda. Reaksi reduksi adalah reaksi penambahan electron dan
penurunan bilangan oksidasi, sedangkan reaksi oksidasi adalah reaksi pelepasan
electron dan penambahan bilangan oksidasi. Seiring dengan reaksi redoks
tersebut, dalam sel baterai terjadi proses difusi ion dalam larutan dari katoda
ke anoda, dan pada rangkaian luar terjadi transfer electron dari anoda ke
katoda.
Antara
satu sel dengan sel lainnya dipisahkan oleh dinding penyekat yang ada dalam bak
baterai, sehingga ruang pada tiap sel tidak berhubungan. Hal ini dikarenakan
cairan tiap sel baterai tidak berhubungan. Hal ini dengan syarat juga bahwa
dinding antar sel baterai tidak bocor atau merembes.
Di
dalam satu sel terdapat susunan pelat, yaitu beberapa pelat untuk kutub positif
(antar pelat dipisahkan oleh kayu, ebonit atau plastik, tergantung teknologi
yang digunakan) dan beberapa pelat untuk kutub negatif. Bahan aktif dari pelat
positif terbuat dari oksida timah cokelat (PbO2), sedangkan bahan
aktif dari pelat negatif adalah timah (Pb) berpori (seperti bunga karang). Pelat-pelat
tersebut terendam oleh cairan elektrolit yaitu asam sulfat (H2SO4).
3.1.2 Fungsi
Baterai
Baterai
adalah alat untuk menyimpanan sumber dari tenaga listrik dengan melalui proses
elektrokimia sehingga sumber dari tenaga listrik dapat diubah menjadi tenaga
kimia dan sebaliknya tenaga kimia menjadi tenaga listrik. Fungsi baterai adalah
untuk memberikan sumber tenaga listrik yang cukup pada sebuah peralatan
misalnya untuk menghidupkan mobil/motor (starter) serta melayani proses pada
sistem pengapian hingga melayani penerangan lampu dan kebutuhan lainnya pada
mobil atau motor.
3.1.3 Komponen pada
Baterai
Baterai
yang hendak dibahas pada praktik kerja lapangan kali ini adalah baterai yang
digunakan pada gardu traksi yang ada di Kranji dan gardu traksi Bekasi Timur.
Pada
gardu yang terdapat di stasiun Bekasi Timur, baterai yang digunakan adalah
baterai jenis sel kering dengan merk Toshiba. Adapun komponen-komponen baterai
yang terdapat pada baterai sel kering Toshiba pada bagian indicator charger, antara lain :
a.
Indikator tegangan input panel charger baterai (sisi primer trafo)
b.
Indikator arus input panel charger baterai
c.
Indikator tegangan baterai
d.
Indikator arus output rectifier
e.
Indikator arus ke beban
f.
Indikator lampu panel charger baterai
g.
Selektor panel charger baterai
h.
Lamp test
Pada
gardu traksi yang terdapat di stasiun Kranji, baterai yang digunakan adalah
baterai jenis sel basah dengan merk Meidensha. Adapun komponen-komponen baterai
yang terdapat pada baterai sel basah Meidensha pada bagian indicator charger,
antara lain :
a.
Indikator arus baterai
b.
Tegangan baterai
c.
Indikator tegangan input rectifier
d.
Indikator mode charger baterai
3.1.4 Perbedaan
Baterai Primer (Sel Kering) dan Baterai Sekunder (Sel Basah)
Perlu
diketahui secara umum system baterai dapat dikelompokkan menjadi 2 jenis, yaitu
:
a. Baterai primer
b. Baterai sekunder
Pada kesempatan praktik kerja
lapangan yang telah dijalani oleh penulis, di UPT LAA Resort 1.10 Cikarang
sendiri ternyata memiliki 2 jenis baterai, yaitu baterai primer (sel kering)
yang terdapat di gardu traksi stasiun Bekasi Timur, gardu traksi stasiun
Cibitung, dan gardu traksi stasiun Cikarang dan baterai sekunder (sel basah)
yang terdapat di gardu traksi stasiun Kranji.
a. Baterai Primer
Sistem baterai primer merupakan
baterai yang tidak dapat diisi ulang setelah habis masa pemakaiannya.
Tabel
Pengukuran Sel Baterai Kering di Gardu Traksi Stasiun Bekasi Timur
No Sel |
Tegangan (Volt) |
1 |
6.103 |
2 |
6.099 |
3 |
6.144 |
4 |
6.123 |
5 |
6.123 |
6 |
6.121 |
7 |
6.113 |
8 |
6.123 |
9 |
6.129 |
10 |
6.13 |
11 |
6.128 |
12 |
6.131 |
13 |
6.128 |
14 |
6.139 |
15 |
6.138 |
16 |
6.129 |
17 |
6.129 |
Jumlah Tegangan (Volt) |
104.13 |
Tegangan Rata-rata (Volt) |
6.125 |
Tabel
tersebut merupakan data yang didapatkan serelah pengukuran sel baterai kering. Jika
dijumlahkan, maka tegangan total baterai yang terukur sebesar 104,13 Volt, dan
memiliki tegangan rata-rata tiap sel sebesar 6,125 Volt.
Tegangan
yang didapatkan setelah dirata-ratakan tersebut, sebenarnya bukan berasal dari
tegangan 1 sel baterai. Perlu diketahui bahwa sebenarnya satu sel baterai ini memiliki
4 sub sel dengan tegangan sebesar 1,5 Volt. Sehingga dapat menghasilkan
tegangan yang nantinya dapat terukur sebesar 6 Volt.
Baterai
primer disebut sel kering, karena banyaknya air relative rendah, namun
kelembapan mutlak perlu agar ion-ion dapat berdifusi di antara
electrode-elektrode. Isi sel baterai kering jika diuraikan terdiri dari batu
kawi (MnO2), salmiak (NH4Cl), karbon (C), dan sedikit air
(jadi sel ini tidak 100% kering). Zink berfungsi sebagai anode, sedangkan
katode digunakan electron inert,
yaitu grafit yang dicelupkan di tengah-tengah pasta. Pasta ini sendiri
berfungsi sebagai oksidator. Reaksi yang terjadi di sel baterai kering, dapat
dirumuskan sebagai berikut.
Anode : Zn(s)
à Zn2+(aq) + 2e
Katode
: 2MnO2(s) + 2NH4+(aq) + 2e à Mn2O3(s) + 2NH3(aq)
+ H2O(l)
________________________________________________________+
Zn(s) + 2NH4+(aq) + 2MnO2(s) à Zn2+(aq) + Mn2O3(s) + 2NH3(aq) + H2O(l)
Tabel Pengukuran Panel AC DC Di
Gardu Traksi Stasiun Bekasi Timur
Tegangan |
|
MCCB 1 (Volt) |
MCCB 2 (Volt) |
Suplay charger baterai (Volt) |
Phasa R-S |
380 V AC ±10% |
405,9 |
402,1 |
404,3 |
Phasa S-T |
405 |
403,2 |
404,2 |
|
Phasa R-T |
403 |
400,9 |
401,2 |
|
Sumber suplay charger baterai |
6 KV/20 KV/1200 KV |
1200 V |
- |
Tabel
Pengukuran Panel Charger Baterai Di Gardu Traksi Stasiun Bekasi Timur
Tegangan AC input |
380 V AC ±10% |
396,4 V AC |
Tegangan pengisian DC |
110 V DC ±10% |
115 V DC |
125 V DC ±10% |
||
Arus pengisian/output
charger baterai |
0-30 A DC |
4 A DC |
Mode pengisian (Auto) |
|
|
Tegangan
baterai pada posisi auto |
- |
115
V DC |
Tabel Tes
Pembebanan Baterai Di Gardu Traksi Stasiun Bekasi Timur
Tegangan total awal |
110 V DC ±10% |
113,9 V DC |
10.10 WIB |
125 V DC ±10% |
|||
Tegangan total akhir
setelah discharger |
|
104,2 V DC |
11.10 WIB |
Berdasarkan
data yang didapat dari tabel tes pembebanan baterai, diketahui bahwa baterai
mengalami penurunan tegangan sebesar 9,7 Volt dalam waktu 1 jam akibat uji
pembebanan untuk mengetahui kondisi kinerja baterai.
Berarti, setiap detiknya baterai mengalami penurunan tegangan sebesar :
b.
Baterai Sekunder
Sistem
baterai sekunder dapat diisi ulang. Untuk sistem baterai sekunder, bahan katoda
dan anoda harus bersifat recyclable
atau dapat terbentuk kembali bila diberi tegangan listrik dari luar, melalui
reaksi kimia yang bersifat reversible. Reaksi kimia dalam sel baterai sekunder
dapat dikembalikan oleh pemberian tegangan luar, yaitu dengan membalik
polaritas tegangan sehingga reaksi berlangsung ke arah yang berlawanan dengan
arah reaksi redoks semula.
Tabel
Pengukuran Baterai Sekunder Di Gardu Traksi Stasiun Kranji
No Sel |
Tegangan (Volt) |
1 |
1.328 |
2 |
1.308 |
3 |
1.305 |
4 |
1.318 |
5 |
1.318 |
6 |
1.33 |
7 |
1.373 |
8 |
1.317 |
9 |
1.331 |
10 |
1.323 |
11 |
1.328 |
12 |
1.333 |
13 |
1.342 |
14 |
1.294 |
15 |
1.321 |
16 |
1.321 |
17 |
1.323 |
18 |
1.335 |
19 |
1.311 |
20 |
1.266 |
21 |
1.329 |
22 |
1.314 |
23 |
1.317 |
24 |
1.31 |
25 |
1.433 |
26 |
1.298 |
27 |
1.307 |
28 |
1.295 |
29 |
1.314 |
30 |
1.296 |
31 |
1.31 |
32 |
1.307 |
33 |
1.312 |
34 |
1.29 |
35 |
1.313 |
36 |
1.305 |
37 |
1.443 |
38 |
1.308 |
39 |
1.422 |
40 |
1.456 |
41 |
1.303 |
42 |
1.136 |
43 |
1.294 |
44 |
1.311 |
45 |
1.31 |
46 |
1.282 |
47 |
1.286 |
48 |
1.289 |
49 |
1.284 |
50 |
1.291 |
51 |
1.304 |
52 |
1.303 |
53 |
1.295 |
54 |
1.287 |
55 |
1.287 |
56 |
1.29 |
57 |
1.295 |
58 |
1.297 |
59 |
1.292 |
60 |
1.3 |
61 |
1.293 |
62 |
1.292 |
63 |
1.302 |
64 |
1.302 |
65 |
1.285 |
66 |
1.294 |
67 |
1.294 |
68 |
1.286 |
69 |
1.294 |
70 |
1.289 |
71 |
1.303 |
72 |
1.284 |
73 |
1.293 |
74 |
1.28 |
75 |
1.299 |
76 |
1.01 |
77 |
1.305 |
78 |
1.297 |
79 |
1.29 |
80 |
1.293 |
Jumlah tegangan (Volt) |
104.425 |
Rata-rata tegangan
(Volt) |
1.305 |
Tabel
di atas merupakan data yang didapatkan setelah pengukuran sel baterai basah.
Jika dijumlahkan, maka tegangan totL Baterai yang terukur sebesar 104,425 Volt,
dan memiliki tegangan rata-rata tiap sel sebesar 1,305 Volt. Selain hasil dari
pengukuran dan perhitungan pada tegangan yang dimiliki setiap sel, dilakukan
pula pengukuran berat jenis (ρ) sel baterai dan didapatkan hasilnya sebesar
1,25 kg/m3.
Perlu
diketahui bahwa elektrolit pengisi sel baterai sekunder yang terdapat di Kranji
ini terdiri atas campuran asam sulfat (H2SO4) dan air.
Diketahui berat jenis (ρ) yang dimiliki
asam sulfat sebagai elektrolit murni dengan molaritas 1 M sebesar 1,50 kg/m3.
Didapatkan pula berat jenis air (ρ) sebesar 1 kg/m3. Berdasarkan
data tersebut, maka dapat diketahui faktor yang menyebabkan berat jenis dari
setiap sel baterai sekunder sebesar 1,25 kg/m3. Alasannya, karena
ketika 2 larutan yang memiliki berat jenis berbeda dicampurkan, maka akan
menghasilkan berat jenis yang berbeda. Dapat dirumuskan :
Asam
sulfat (H2SO4) sebagai larutan elektrolit pada sel
baterai sekunder ini dipilih karena memiliki nilai tahanan jenis (ρ) yang
kecil, yakni sebesar 1,31 (Ohm cm), maka memiliki sifat konduksi yang baik.
Sifat konduksi ini penting sebagai faktor penentu aliran listrik. Asam sulfat
sendiri masuk dalam kategori konduktor elektrolit.
Susunan
fisik sel baterai sekunder di gardu traksi Kranji berbeda dengan sel baterai
primer yang ada di gardu traksi Bekasi Timur yang merupakan gabungan dari 4 sub
sel yang dirangkai secara paralel. Sel baterai basah benar-benar bersifat
tunggal.
Sel
baterai basah terdiri atas Pb (timbal atau timah hitam) sebagai anode, dan PbO2
sebagai katode. Keduanya merupakan zat padat yang dicelupkan dalam larutan asam
sulfat (H2SO4). Berikut adalah reaksi pengosongan yang
terjadi pada sel baterai basah.
Anode : Pb(s)
+ HSO4(aq) à PbSO4(s)
+ H+(aq) + 2e
Katode
: PbO2(S) + HSO4(aq) + 3H+(aq) + 2e à PbSO4(s)
+ 2H2O(l)
______________________________________________________________________+
Pb(s) + PbO2(S) + 2HSO4(aq) + 2H+(aq) à 2 PbSO4(s) + 2H2O(l)
Sel
baterai basah dapat diisi kembali, karena hasil reaksi pengosongan pada sel
baterai basah tetap melekat pada kedua elektrode. Pengisian sel baterai basah
dapat dilakukan dengan membalik arah aliran electron pada kedua electrode. Pada
pengosongan baterai basah, anode (Pb) mengirim electron pada katode.
Sebaliknya, pada pengisian sel baterai basah, electrode Pb dihubungkan dengan
kutub negative sumber arus sehingga PbSO4 yang terdapat pada
electrode Pb itu direduksi. Sementara itu PbSO4 yang terdapat pada
electrode PbO2 mengalami oksidasi membentuk PbO2.
Berikut
adalah reaksi pengisian sel baterai basah.
Elektrode
Pb sebagai katode :
PbSO4(s) + H+(aq) + 2e à Pb(s)
+ HSO4(aq)
Elektrode
PbO2 sebagai anode :
PbSO4(s) + 2H2O(l) à Pb(s) + PbO2(S)
+ 2HSO4(aq) + 2H+(aq)
________________________________________________________________+
2
PbSO4(s) + 2H2O(l) à Pb(s) + PbO2(S)
+ 2HSO4(aq) + 2H+(aq)
Tabel Pengukuran Panel AC DC Di
Gardu Traksi Stasiun Kranji
Tegangan |
|
MCCB 1 (Volt) |
MCCB 2 (Volt) |
Suplay charger baterai (Volt) |
Phasa R-S |
380 V AC ±10% |
395,5 |
394,4 |
393,5 |
Phasa S-T |
389,6 |
391,7 |
395,1 |
|
Phasa R-T |
387,3 |
395,9 |
392,5 |
|
Sumber suplay charger baterai |
6 KV/20 KV/1200 KV |
1200 V |
- |
Tabel Pengukuran Panel Charger Di
Gardu Traksi Stasiun Kranji
Tegangan AC input |
380 V AC ± 10% |
390 V AC |
Tegangan pengisian DC |
110 V DC ± 10% |
115,9 V DC |
125 V DC ± 10% |
||
Arus pengisian/output
charger baterai |
0-30 A DC |
5 A DC |
Mode pengisian (Auto) |
|
|
Tegangan
baterai pada posisi auto |
- |
115,9
V DC |
Tabel Tes Pembebanan
Baterai Di Gardu Traksi Stasiun Kranji
Tegangan total awal |
110 V DC ± 10% |
107,3 V DC |
10.20 WIB |
125 V DC ± 10% |
|||
Tegangan total akhir setelah discharger |
96,5 V DC |
11.20 WIB |
Berdasarkan
data yang didapat dari tabel pembebanan baterai, diketahui bahwa baterai
mengalami penurunan tegangan sebesar 10,8 Volt dalam waktu 1 jam akibat uji
pembebanan untuk mengetahui kondisi kinerja baterai.
Berarti,
setiap detiknya baterai mengalami penurunan tegangan sebesar :
Perbedaan
berikutnya yang dapat ditemukan antara sel baterai kering dan sel baterai
basah, adalah jika pada sel baterai kering sulit untuk dilakukan perhitungan
potensial pada setiap sel, karena telah disebutkan sebelumnya bagaimana
kompleksnya reaksi sel yang terjadi pada sel baterai kering. Selain kompleks,
jumlah konsentrasi pada bahan penyusun sel baterai kering sulit untuk
ditentukan besarnya secara pasti.
Pada
sel baterai basah, reaksinya lebih sederhana. Selain itu, konsentrasi pengisi
selnya dapat ditentukan dengan pasti besarnya berapa, sehingga dapat dilakukan
perhitungan potensial sel.
Perhitungan
potensial sel pada kesempatan ini, untuk sel baterai basah yang terdapat di
gardu traksi Kranji dapat dihitung dengan persamaan Nernst.
Untuk reaksi :
aAa+ + ne ← →bBm+
Potensial electrode (E)
dirumuskan oleh Nernst dengan persamaan berikut :
Di mana :
E0 = Potensial electrode
standar
R = Konstanta gas (8,314 kJ/mol)
T = Temperatur (K)
F = Konstanta Faraday (96.500 Coulomb)
n = Banyaknya electron yang ditransfer
Persamaan Nernst ini memberikan gambaran
bahwa potensial sel elektrokimia, khususnya pada sel baterai basah di Kranji
ini sebenarnya dipengaruhi oleh konsentrasi elektrolit yang terlibat dalam
reaksi sel. Oleh karena itu, jika konsentrasi elektrolit pada sel baterai basah
ini berkurang, bahkan sampai lebih kecil dari ambang batas minimum level, maka
daya listrik dalam sel baterai basah pun berkurang.
Untuk dapat mengetahui besar konsentrasi
elektrolit pada persamaan reaksi, kita dapat mengetahuinya dengan menggunakan
Hukum Faraday. Di sini Faraday menemukan hubungan kuantitatif antara massa zat
yang dibebaskan pada elektrolisis dengan jumlah listrik yang digunakan.
Penemuan ini disimpulkan dalam 2 hukun sebagai berikut.
Hukum Faraday 1 : “Massa zat yang dibebaskan pada elektrolisis (G) berbanding lurus
dengan jumlah listrik yang digunakan (Q).”
G ≈ Q…………………………………………………………………………………(Persamaan
3.5)
Jumlah muatan listrik (Q) sama dengan
hasil kali dari kuat arus (I) dengan waktu (t).
Q = I x t
(Coulomb)…………………………………………………………………(Persamaan 3.6)
Sehingga, dapat disimpulkan bahwa :
G ≈ i t………………………………………………………………………………(Persamaan
3.7)
Hukum Faraday 2 : “Massa zat yang dibebaskan pada elektrolisis
(G) berbanding lurus dengan massa ekuivalen zat itu (ME).”
G ≈
ME………………………………………………………………………………(Persamaan 3.8)
Penggabungan hukum Faraday 1 dan
2, menghasilkan persamaan sebagai berikut :
G = k x I x t x
ME……………………………………………………………………(Persamaan 3.9)
Di mana :
k = tetapan pembanding 1/96.500
Jadi, persamaan di atas dapat dinyatakan
sebagai berikut :
Keterangan :
G = Massa yang dibebaskan (dalam gram)
I = Kuat arus (Ampere)
t = Waktu (dalam detik)
ME = Massa ekuivalen
Massa ekuivalen dari unsur-unsur logam
sama dengan atom relative (Ar) dibagi dengan bilangan oksidasinya
(biloks).
3.2
Hambatan dan Solusi Pekerjaan
Dalam pelaksanaan kegiatan pengukuran
baterai, baik itu di gardu traksi stasiun Kranji dan gardu traksi stasiun
Bekasi Timur, ada ketentuan yang perlu diperhatikan. Ketentuan tersebut mengacu
pada Pedoman Pemeriksaan dan Perawatan STE (Signalling,
Telecommunication, and Electricity), yang muatannya adalah sebagai berikut
:
A.
Tujuan :
Kegiatan
pemeriksaan mengenai parameter tertentu dalam rangka pendiagnosaan kelainan
atau kondisi substandar peralatan charger
baterai setelah beroperasi selama 1 bulanan serta untuk memastikan kondisi
operasional dari charger baterai
dalam keadaan normal.
B.
Ruang Lingkup
Pemeriksaan
berkala 1 bulanan peralatan charger baterai pada UPT LAA Resort 1.10 Cikarang.
Kegiatan pemeriksaan terdiri dari pengamatan kondisi fisik secara visual,
suara, dan bau dari perangkat charger baterai.
Beberapa bagian dan peralatan
yang diperiksa adalah :
a.
Panel AC DC :
1. Kubikel
2. Change over panel
3. Tegangan
4. Suplay charger baterai
5. Exhaust fan
b.
Panel charger baterai
1. Kubikel
2. Tegangan input AC
3. Tegangan output charger
4. Arus pengisian atau output charger
baterai
5. Lampu indicator dan alarm
6. Mode pengisian
7. Ventilasi dan exhaust fan
c.
Baterai
1. Rak baterai
2. Tegangan per cell atau per block
3. Tes pembebanan (1 jam)
4. Level elektrolit (khusus baterai basah)
5. Berat jenis (khusus baterai basah)
Dalam melakukan kegiatan
pemeriksaan dan pengukuran baterai di gardu traksi Kranji, penulis mendapatkan
pengarahan langsung dari Kepala UPT LAA Resort 1.10 Cikarang, dan penulis juga
dibantu oleh 2 orang rekan lainnya sesame mahasiswa yang melaksanakan kegiatan
PKL.
Pada kegiatan pengukuran sel
baterai, ditemukan satu penyimpangan keadaan pada 1 dari 80 sel baterai yang
terukur. Pada bagian yang menjelaskan perbedaan antara sel baterai kering dan
sel baterai basah, tepatnya pada tabel pengukuran sel baterai basah di Kranji,
ada tanda yang sengaja penulis beri warna merah, yakni pada sel nomor 76,
didapati nilai tegangan sel yang sebenarnya di bawah batas normal, yakni
sebesar 1,01 Volt (dari yang seharusnya minimal 1,2 Volt). Hal semacam ini
sebenarnya dapat disebabkan oleh :
1.
Pengisian sel baterai yang tidak bersamaan
Perlu
diketahui banyak faktor yang kemudian menyebabkan pengisian 80 sel baterai
tidak dilakukan secara bersamaan. Misalkan, seminggu yang lalu dilakukan
pengisian. Sebelumnya dilihat parameter level elektrolit sel baterai masih aman
atau tidak. Jika di atas garis minimum, biasanya sel baterai tidak perlu diisi
ulang, sedangkan jika ditemukan parameter level elektrolit baterai di bawah
garis minimum, maka langsung dilakukan pengisian. Tentu dengan kondisi tersebut
kedepannya masing-masing sel baterai akan mencapai level elektrolit minimum
dalam waktu yang berbeda-beda.
2.
Perbedaan tingkat konsentrasi asam sulfat yang ada pada setiap sel baterai
Perbedaan
tingkat konsentrasi ini masih mengacu pada pengisian sel baterai yang semuanya
tidak bersamaan. Dengan waktu yang tidak bersamaan, biasanya akan aka
nadanderungan saat pengisian berikutnya akan ditambahkan air dengan volume
tertentu sesuai kebutuhan sampai pada parameter level elektrolit yang maksimum.
Tentu dengan sejumlah campuran asam sulfat. Hal ini menyebabkan konsentrasi
asam sulfat pada sel baterai yang mengalami pengisian tersebut akan berubah.
Kemudian, pada kegiatan
pemeriksaan dan pengukuran baterai di gardu traksi Cikarang, ditemukan
permasalahan saat dilakukan pengukuran tegangan pembebanan awalnya sel baterai
kering menghasilkan tegangan 103,1 Volt DC, kemudian setelah dilakukan tes
pembebanan selama 1 jam (dimulai pukul 10.30 WIB sampai dengan 11.30 WIB),
didapatkan tegangan akhir sebesar 88,7 Volt DC. Berarti dalam 1 jam tegangan
turun sebesar 14,4 Volt DC.
Jika dicermati, penurunan
tegangan pada sel baterai kering ini sangat signifikan, bila dibandingkan
dengan penurunan tegangan pada sel baterai kering di gardu traksi Bekasi Timur
113 Volt DC menjadi 104,2 Volt DC dalam waktu 1 jam, yang artinya terjadi
penurunan tegangan sebesar 9,7 Volt DC. Dan, pada gardu traksi Cibitung dari
112,4 Volt DC menjadi 102,5 Volt DC dalam waktu 1 jam yang artinya turun
sebesar 9,9 Volt DC.
Hal ini bisa terjadi karena
beberapa faktor, di antaranya :
1.
Kenaikan suhu ruangan khusus baterai
Perlu diketahui bahwa kenaikan
temperature akan menambah energy kinetic pada partikel-partikel yang bereaksi.
Akibatnya, partikel-partikel akan menjadi lebih aktif dan akan sering
menimbulkan tumbukkan. Kenaikan temperature akan mengakibatkan reaksi
berlangsung lebih cepat dan laju makin besar. Pada umumnya, bahkan kenaikan
temperature sebesar 10oC akan mengakibatkan laju reaksi meningkat
sampai 2 atau bahkan 3 kali dari laju reaksi semula. Jika temperature naik
sampai 100oC maka laju reaksi akan meningkat lebih dari 1000 kali.
Untuk kenaikan 10oC pertama, laju reaksi menjadi 2 kali. Untuk
kenaikan 20oC laju reaksi menjadi lebih cepat 4 kali. Untuk kenaikan
100oC laju reaksinya menjadi :
2x2x2x2x2x2x2x2x2x2=210=1024
kali
Dari perhitungan di atas,
hubungan antara laju reaksi dan kenaikan temperature dapat dirumuskan sebagai
berikut :
Di
mana :
RT = Laju reaksi saat ToC
∆R = Koefisien peningkatan laju reaksi
TA = Temperatur akhir
T0 = Temperatur awal
R0 = Laju reaksi awal
∆T = Koefisien perubahan temperature
Reaksi ionisasi pada sel baterai kering
akan berlangsung lebih cepat, bahkan jika dibandingkan dengan ionisasi pada sel
baterai basah apabila dikenai faktor kenaikan suhu yang cukup signifikan yang
kemudian berdampak pada waktu laju reaksi yang menjadi lebih cepat.
Kenaikan temperature menyebabkan laju
reaksi semakin cepat. Dengan meningkatnya laju reaksi, berarti waktu yang
diperlukan untuk bereaksi semakin singkat. Jika setiap kenaikan 10oC
mengakibatkan kenaikan laju menjadi lebih cepat 2 kali, waktu yang diperlukan
untuk bereaksi menjadi setengah kali dari waktu sebelum terjadi kenaikan suhu.
Hubungan kenaikan temperature dan waktu reaksi adalah sebagai berikut.
Di
mana :
t=
Waktu reaksi
t0
= Waktu reaksi awal
2.
Pengisian baterai yang dilakukan terus-menerus
Perlu diketahui bahwa pengisian baterai
yang dilakukan secara terus-menerus justru dapat mengkibatkan kemampuan kinerja
baterai melemah. Hal ini juga berlaku pada sel baterai kering yang digunakan
di gardu traksi Cikarang. Alasan pengisian baterai secara terus-menerus
dianggap sebagai salah satu faktor yang menyebabkan nilai tegangan baterai
turun drastis menjadi masuk akal (logis)., karena misalkan saja pada baterai
handphone yang selalu dilakukan pengecasan (pengisian) dalam jangka waktu yang
terlampau lama akan mengakibatkan terjadinya reaksi kejenuhan pada isi sel
baterai. Maka, hal ini pun ditengarai menjadi penyebab sel baterai kering
Cikarang begitu dilakukan tes pembebanan mengalami penurunan tegangan yang
nilainya relatif lebih bear dibandingkan dengan sel baterai kering di gardu
traksi yang lain.
3. Gangguan pada DC reactor
Kaitannya
DC reaktor dengan pengisian baterai adalah, perlu diketahui bahwa sel baterai
kering sendiri mendapatkan sumber pengisiannya dari sumber 20 kV, 6 kV, dan
1500 Volt yang kemudian disearahkan dengan DC reaktor. Fungsi DC reaktor
sendiri jika diibaratkan adalah penghalus gelombang AC 3 fasa.
Diketahui
bahwa gelombang AC 3 fasa memiliki sudut fasa yang berbeda satu sama lain, maka
dalam waktu yang sama bentuk gelombang 3 fasa yang
terdiri dari 3 gelombang ini akan menunjukkan bentuk yang berbeda. Selain
bentuk yang berbeda, masing-masing gelombang ini akan mencapai titik puncak
yang tidak bersamaan.
Sebenarnya ada keuntungan ketika gelombang AC 3 fasa ini yang
disearahkan, karena akan lebih mudah membuat titik potongnya, sehingga lebih
cepat sama rata nilai arusnya. Dengan begitu, sifat arusnya akan berubah
menjadi lebih stabil atau konstan.
Dalam kasus penurunan nilai tegangan sel baterai kering saat
tes pembebanan yang relatif besar di gardu traksi Cikarang, dapat diasumsikan
jika terjadi gangguan pada DC reaktor. Ketika DC reaktor tidak dapat
menjalankan fungsinya, maka dapat terjadi kegagalan dalam menyearahkan arus AC.
Kegagalan dalam menyearahkan arus AC ini, akan mengakibatkan pengisian pada sel
baterai kering menjadi bermasalah, sehingga reaksi kimia pada saat pengisian
sel baterai ini menjadi tidak stabil. Ketika reaksi kimia pada sel baterai
tidak stabil, hal ini mampu mengakibatkan kerusakan pada sel baterai tersebut,
sehingga yang terjadi adalah seperti pada kasus penurunan tegangan yang
signifikan pada sel baterai kering di gardu traksi Cikarang.
Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan pada
sel baterai kering yang mengalami permasalahan penurunan tegangan yang besar
dalam waktu relatif cepat, yaitu :
a. Jaga suhu ruangan agar tetap stabil
Hal ini penting, karena telah disebutkan sebelumnya bahwa
faktor yang menyebabkan sel baterai kering dapat bereaksi dengan cepat karena
kenaikan suhu udara yang signifikan. Sebenarnya juga saat dilakukan pengukuran
sel baterai kering di gardu traksi Cikarang, dalam beberapa waktu kira-kira
hampir 1 jam pengatur suhu ruangan (AC) di ruang khusus baterai sempat mati.
Hal ini membuat suhu ruangan baterai menjadi lebih panas, dan akhirnya
berpengaruh pada penurunan tegangan sel baterai kering saat dilakukan tes
pembebanan selama 1 jam.
b. Memperhatikan pengecasan pada baterai
Ternyata dengan adanya pengecasan yang dilakukan dalam jangka
waktu yang lama, apalagi dilakukan secara tanpa henti, kecuali dilepas pada
saat tes pembebanan, sebenarnya mampu mengakibatkan reaksi isi baterai sel
kering mengalami kejenuhan, karena reaksi pengisian sel baterai juga memiliki
batas wakru tersendiri. Baterai jika sudah diisi dala jangka waktu tertentu dan
kondisinya sudah full charge sebenarnya tidak boleh lagi dilakukan pengecasan
(pengisian), namun karena peran sel baterai kering di gardu traksi adalah
sebagai pengontrol tegangan, maka hal ini memang harus dilakukan.
c. Memperhatikan hubungan antar komponen pada gardu traksi
Sebelumnya telah disebutkan bahwa DC reaktor memegang peranan
penting sebagai penyearah arus bolak-balik. Jika DC reaktor mengalami masalah,
maka baterai yang menerima suplay arus DC akan mengalami masalah, karena
tegangan yang diperoleh ternyata belum stabil. Maka, kondisi dari komponen DC
reaktor perlu diperhatikan, karena kinerja DC reaktor pada akhirnya akan
mempengaruhi sistem kinerja dari sel baterai kering.
3.3 Pengembangan
Hal yang dapat dikembangkan dari analisis dari kegiatan
praktik kerja lapangan yang membahas mengenai perbandingan baterai ini adalah
upaya dalam menemukan solusi guna mengatasi kelemahan yang dimiliki dari sel
baterai kering yang tidak dapat didaur ulang. Perlu ditemukan teknologi yang mampu
mengatasi tantangan pendaurulangan isi sel baterai kering. Karena, jika
teknologi ini ditemukan akan semakin mempermudah aspek perawatan pada sel
baterai kering. Sebelumnya juga sudah disebutkan bahwa keunggulan baterai
kering adalah dari segi dari segi perawatan tidak perlu dilakukan pengisian
ulang layaknya sel baterai basah, yang perlu dilakukan pengisian dengan
mencampurkan asam sulfat dan air ke dalam bagian tabung isi sel baterai setiap
sebulan sekali. Dapat dibayangkan, jika ke depannya sel baterai kering memiliki
ketahanan dalam hal tak perlu melakukan pengisian ulang secara berkala dalam
waktu relatif singkat, layaknya sel baterai basah, namun isi selnya sendiri
dapat didaur ulang. Jadi, hanya perlu ditemukan teknologi yang mampu mendaur
ulang isi sel baterai kering, yang jika diuraikan sebelumnya terdiri atas batu
kawi (MnO2), salmiak (NH4Cl), karbon (C), dan sedikit
air.
Masih dengan topik yang sama terkait sel baterai kering,
perlu dilakukan percobaan dengan menguji coba bahan-bahan yang sifatnya dapat
didaur ulang jika menjadi pengisi untuk sel baterai kering. Karena, diketahui
bahwa batu kawi (MnO2) dan salmiak (NH4Cl) memang tidak
dapat didaur ulang, khususnya pada unsur mangan (Mn) merupakan logam yang tidak
dapat didaur ulang. Akan tetapi masih ada harapan pada unsur karbon (C) yang
merupakan unsur yang mudah ditemui dan mudah dikombinasi dengan berbagai unsur
yang ada.
Hal yang menarik selanjutnya adalah pada sel baterai basah,
khususnya pada pengukuran 80 sel baterai basah di gardu traksi Kranji. Aspek
menarik yang dapat dikembangkan sebagai bahan penelitian adalah menemukan
hubungan antara peningkatan konsentrasi asam sulfat pada sel baterai basah
dengan besar tegangan yang terukur. Karena dalam sel baterai basah ini sudah
terdiri atas campuran asam sulfat dan air, maka sulit diketahui berapa
konsentrasi sebenarnya dari asam sulfat tersebut. Andaikan penulis mendapatkan
kesempatan untuk melakukan pengisian sel baterai basah, penulis dapat
mengetahui perbandingan asam sulfat dan air yang digunakan untuk mengisi sel
baterai basah. Ketika penulis mendapatkan kesempatan tersebut, mungkin penulis
dapat bereksperimen dengan mengisi sel baterai basah dengan perbandingan asam
sulfat dan air yang berbeda pada setiap sel, sehingga akan ditemukan hubungan antara peningkatan konsentrasi asam
sulfat sebagai pengisi sel baterai basah dengan besar tegangan dari sel baterai
basah.
4. PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Selama dalam pelaksanaan PKL penulis, terdapat berbagai
konsentrasi topik pembahasan, yakni sebanyak 4 bidang, di antaranya :
gardu traksi, sistem catenary, distribusi 6 kV, dan saluran SPJJ. Kelompok
penulis mengambil konsentrasi pada gardu traksi dan catenary. Penulis sendiri
mengambil baterai sebagai pokok utama dalam pembahasan PKL. Lebih rincinya yang
penulis ambil adalah mengenai perbandingan antara sel baterai kering di gardu
traksi Bekasi Timur dan sel baterai basah di gardu traksi Kranji. Secara umum
pada sistem ketenagalistrikan di KRL menggunakan prinsip simple katenari yaitu
menggunakan suplai 20 kV/AC yang
diberikan PLN kemudian oleh gardu induk diubah menjadi 1500 Volt DC oleh
silicon rectifier.
Baterai
adalah sel elektrokimia yang terdiri dari sepasang elektroda (katoda-anoda) dan
elektrolit. Sel ini berfungsi sebagai sumber energi listrik yang diperoleh
sebagai hasil konversi energy kimia melalui reaksi redoks (reduksi dan
oksidasi). Reaksi reduksi berlangsung pada katoda dan reakdi oksidasi
berlangsung pada anoda. Reaksi reduksi adalah reaksi penambahan electron dan
penurunan bilangan oksidasi, sedangkan reaksi oksidasi adalah reaksi pelepasan
electron dan penambahan bilangan oksidasi. Seiring dengan reaksi redoks
tersebut, dalam sel baterai terjadi proses difusi ion dalam larutan dari katoda
ke anoda, dan pada rangkaian luar terjadi transfer electron dari anoda ke
katoda.
Perlu
diketahui secara umum system baterai dapat dikelompokkan menjadi 2 jenis, yaitu
:
a. Baterai primer
b. Baterai sekunder
DAFTAR PUSTAKA
Kleinfelter, 1979. Kimia
untuk Universitas. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Pabla, AS., 1994. Sistem
Distribusi Daya Listrik. Jakarta : Erlangga.
Peraturan Dinas 13C Jilid 1 (2016), Ketentuan Umum Instalasi Listrik Aliran Atas Arus Searah dengan
Tegangan 1500 V, PT. Kereta Api (Persero).
PT KAI. 2017. Profil
Perusahaan. Tersedia : https://kai.co.id/(Unduhan).
PT KAI. 2015. “Bahan Diklat Listrik Aliran Atas I.II.III”.
PT KCI. 2017. Profil Perusahaan. Tersedia : http://www.krl.co.id/(Unduhan)
SOP Pemeliharaan Gardu
Traksi, Listrik Aliran Atas DAOP 1 JAKARTA.
Sukardjo, 2013. Kimia Fisika. Jakarta: Rineka Cipta.
***
Aku tidak melampirkan foto-foto kegiatan, karena aku pikir ini demi menjaga privasi, dan takut disalahgunakan. Dan tanpa menunjukkan foto kegiatan, aku rasa pembaca bisa mencari tahu lebih lanjut seperti apa gambaran kegiatannya, karena aku rasa foto-foto orang yang melakukan PKL di listrik aliran atas perkeretaapian sebenarnya cukup banyak (asal mau mencoba mencari). Yang terpenting di tulisan ini adalah, aku mampu menyampaikan dengan jelas perihal kegiatan PKL yang aku lakukan dan menjelaskan topik judul yang aku angkat sebagai laporan. Dan aku rasa ini sudah cukup.
Oh iya, bagian kesimpulan juga aku persingkat, karena akan
terlalu banyak. Dan perihal kesimpulan sebenarnya aku kembalikan lagi kepada
pembaca, bagaimana persepsi kalian secara umum terhadap laporan PKL-ku ini.
Bicara tentang bagian bab 3, yakni pada pengembangan, saat
aku membacanya lagi secara cermat…aku akhirnya menyadari lagi kalau ada aspek
yang bisa dikembangkan lagi untuk diteliti. Jika isi sel baterai kering bisa
didaur ulang dengan bahan yang ramah lingkungan, aku penasaran untuk menentukan
besar konsentrasi dari isi sel baterai kering dengan besar tegangan sel baterai
kering. Dasarnya, molaritas atau tingkat konsentrasi khususnya pada senyawa
yang bersifat elektrolit kuat akan menghasilkan tegangan listrik.
Demikian laporan PKL-ku. Semoga bermanfaat sebagai referensi
bagi pembaca. Terima kasih. Semoga damai sejahtera senantiasa Tuhan berikan
kepada kita. Amin. ^_^
Komentar
Posting Komentar